Kamis, 05 Januari 2012

PADANG PARIAMAN KUKUHKAN DIRI SEBAGAI SENTRA COKELAT

kabupaten padang pariaman kini tidak lagi dikenal sebagai daerah penghasil kelapa, namun juga sebagai penghasil biji cokelat terbaik. bahkan tidak hanya menghasilkan cokelat, padang pariaman kini juga merambah pengolahan cokelat. hal ini menyusul telah beroperasinya pabrik pengolahan cokelat di nagari sikucur kecamatan lima koto kampung dalam sejak beberapa bulan yang lalu.




bupati padang pariaman, saat peninjauan ke pabrik cokelat kamis siang mengungkapkan, dirinya sangat komitmen terhadap pengembangan cokelat di padang pariaman. hal tersebut bahkan sudah dicanangkan sejak 20 tahun yang lalu. hingga saat ini kabupaten padang pariaman telah memiliki lahan cokelat mencapai 20 hektar dengan hasil produksi 6 ribu cokelat pertahun. sementara untuk pabrik cokelat mampu memproduksi 60 sampai 100 kilo cokelat jadi setiap harinya.

ali mukhni berharap dukungan dari pemerintah provinsi sumbar dalam mewujudkan padang pariaman sebagai daerah penghasil dan pengolah cokelat di sumatera barat. untuk itu ali mukhni berharap pemerintah provinsi sumbar membantu dalam pengadaan mesin berkapasitas besar sehingga bisa menampung seluruh hasil cokeklat di sumatera barat. (idham fadhli – padang pariaman)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

_______

_______

Followers

Banyak Dilhat

_______

free counters